Mengunakan
teknologi informasi untuk keunggulan kompentitif
Dalam
mencapai keberhasilan, para manajer sangat menyadari pengaruh dari lingkungan
perusahaan. Perusahaan di hubungkan dengan element-element dalam lingkungannya
melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual. Perusahaan berusaha
memperoleh ke ungulan kompetitif dengan mengelola arus sumber daya, termasuk
informasi. Penjelasan tentang strategi keunggulan kompentitif yang paling
lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok dan arus keluar melalui saluran
distribusi ke pelanggan.
Sumber daya
informasi perusahaan mencangkup lebih sekedar informasi. Sumberdaya itu
mencangkup perangkat keras ,fasilitas, perangkat lunak, data, para spesialis
informasi dan para pemakai informasi.
Kegiatan
mengidentifikasikan sumber daya informasi yang dio butruhkan perusahaan di masa
depan, mendapatkan sumber daya tersebut,dan mengelolanya di sebut perencanaan
sumber daya informasi secara strategisbagi perusahaan ( strategic planing for
informasi resources) atau spir. SPIR adalah tanggung jawab semua manajer,
tetapi manajer organisasi jasa
informasimemainkan peranan penting. Jabatan cio yaitu chif infomasi officer
menjadi semakin populer untuk mengambarkan manajer jasa informasi.
Ketika
manajer menyadari informasi sebagai suatu sumber daya strategis , menetapkan
berbagai kebijakan untuk menerap kan sumberdaya tersebut secara strategis, dan
menindak lanjutkan guna menyakinkan
bahwa kebijakan tersebut di jalankan , aktivitas itu disebut manajemen sumber
daya informasi atau IRM.IRM adalah konsep yang mengintegrasikan konsep-konsep
keungulan kompetitif lain,CIO, IRM, SPIR DAN END-UNSER COMPUTING. Dengan
demikian IRM memberikan kerangaka kerja bagi pemanfaatan komputer yang efektif.
Perusahaan
dalam lingkungannya
Pad a bab 1
kita telah melihat bahwa perusahaan adalah suatu sistem fisik yang di kelola
dengan mengunakan suatu sistem konseptual fisik perusahaan adalah sistem
lingkaran tertutup dalam arti di kendalikan dalam manajemen, mengunakan
informasi umpan balik untuk meyakinkan bahwa tujuan-tujuan tercapai perusaan
juga merupakan suatu sitem terbuka dalam arti berhubugan dengan lingkungannya.
Perusahaan mengambil sumberdaya dari lingkungannya mengubah sumberdaya tersebut
menjadi barang dan jasa dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah itu
kepada lingkungannya.
Lingkungan
sangat berati bagi perusahaan. Ligkungan adalah alsan utama keberadaan
perusahaan. Pemilik perusahaan melihat perlunya penyediaan barang dan jasa
untuk memenuhi kebutuhan lingkungan tertentu dan menanam kan modalnya sehinga
perusahaan dapat melaksanakan aktivitas ini. Lingkungan keian menyediakan
sumber daya yang di perlukan untuk memproduksi barang dan jasa.
Delapan elemen
lingkungan
Element-element ini adalah organisasi atau individu yang
berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada
perusahaan. Delapan element ini berada dalam sistem yang lebih luas, yang di
sebut masyarakat.
Pemasok menyediakan material,mesin,jasa dan informasi
yang di gunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa barng dan
jasa ini di pasarkan oleh para pelangan perusahaan. Serikat pekerja adalah
organisasi bagi tenagan kerja terampil maupun tenaga kerja yang tidak terampil
. masyarakat keuangan terdiri dari meliputi bang dan lembaga peminjam lainnya,
serta perusahaan-perusahaan investasi. Pemegang saham atau pemilik adalah
orang-orang yang menanam modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen
teringgi. Pesaing mencangkup semua organisasiyang bersaing dengan perusahaan di
pasa. Pemerintah pada tingkat pusat ,
daerah,lokal memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan
peraturan tetapi juga memberikan bantuan dalam bentuk pembelian informasi dan
dana. Masyarakat global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan
operasi nya. Perusahaan menunjugkan Tanggung jawabnya pada masyarakat global
dengan memperhatikan lingkungan dan alam. Menyediakan produk dan jasa yang
meningkatkan kualitas hidup dan beroprasi secar etis.
Keungulan kompetatif
Ke ungulan
kompetatif dapat di capai dengan melalui banyak cara seperti menyediakan barang
dan jasa dengan murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari
pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tetentu. Keungulan
kompetatif memacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverege di
pasa.idenya adalah perusahaan tidak harus sepenuhnya mengandalkan sumberdaya
fisik yang lebih ungul saat terlibat dalam pesaingan. Sebaliknya sumberdaya
konseptual yang unggul-data dan infirmasi-dapat digunakan sam baiknya. Manajer
perusahaan menggunakan suberdaya konseptual maupun sumberdaya fisik mencapai
tujuan strategis perusahaan.
Sumber daya informasi
Sejumlah
usaha awal manejemen informasi terfokus pada data. Usaha tersebut berjalan
dengan meluasnya penggunaan system manajemen dat base atau DBMS selama
tahun 1970an dan 1980an.perusahaan beralasan bahwa jika mereka mengelola data
dengan menerapkan DBMS yang berbasis komputer berarti mereka juga mengelola
informasi yang mereka miliki.pandanga bahwa data dan informasi adalah sumber daya
yang perlu di kelola seperti sumberdaya lain masih lazim dan merupakan
pendekatan yang positif untuk pengunaan komputer.
Namun telah muncul pandangan tambahan lain,
yaitu pandangan tambahan anda dapat mengelolah informasi dengan mengelola
sumber daya yang menghasilkan informasi. Dengan kata lain dari pada
berkostentrasi pada input dan ouput.perhatian seharusnya di berikan kepada
pengolah informasi yang mengubah input menjadi out put pengelola ini meliputi
perangkat keras dan perangkat lunak serta orang-orang yang mengembangkan,
mengoperasikan, dan mengunakan sistem. Juga termasukyang menyimpan sumberdaya
tersebut.
JENIS JENIS
SUMBER DAYA INFORMASI
Karena itu
sumber daya informasi terdiri dari :
·
Perangakt
lunak computer
·
Perangakt
keras computer
·
Spesialis
informasi
·
Pemakaian
·
Fasilitas
·
Database
·
Informasi
Ketika para
manajer memutuskan untuk mengunakan informasi untuk mencapai keungulan
kompetatif, mereka harus menyadari tiap element tersebut sebagai sumberdaya
informasi. Contohnya, manajer harus mengerti bahwa pegawai yang mampu yang
mampu menerapkan kompetatif untuk permasalahan bisnis adalah sumber daya yang
berharga demikian pula dengan para pemakai di lingkungannya.lalu, perusahaan
harus mengelola sumber daya tersebut untuk mencapai hasil yang di ingginkan.
SIAPA YANG
MENGELOLAH SUMBER DAYA INFORMASI?
Sejumlah
perusahaan yang pertama menggunakan computer menempatkan tanggung jawab
pengelolahan informasi di tangan suatu unit khusus yang terdiri dari para
spesialis informasi.
Unit ini
yang kita sebut jasa informasi di kelolal oleh seorang manajer yang berstatus
wakil derektur.
CHIEF
INFORMASI OFFICE
Istilah CEO
telah di kenal dalam kosa kata bisnis, setiap orang tahu bahwa CEO adalah orang
yang memiliki pengaruh palinag kuat dalam operasi perusahaan, dan umumnya
memiliki jabatan direktur utama atau ketua direksi. Istilah seperti CEO
yaitu chief information office.
Seorang
manajer jasa informasi dapat berperan sebagai chife
information office dengan mengikuti saran saran berikut ;
· Sediakan waktu untuk bisnis
dan pelatihan bisnis.pelajari bisnisnya,bukan hannya
teknologinya
· Membangun kemitraan dengan unit-
unit bisnis dan manajemen lini jangan menunggu
hingga
di undang
· Focus pada perbaikan proses dasar
bisnis.
· Bangun kepercayaan dengan memberikan
jasa IS yang dapat diandalkan.
· Jangan bersifat defensive
Mulai
sekarang dalam buku ini kita akan menggunkan istilah cio saat menggambarkan
manajer jasa informasi tingkat tertingi. Kita mengasumsikan bahwa orang ini
bertindak seperti yang di maksud oleh konsep cio.
Perencanaan strategis
Perencanaan
jangka panjang juga di kenal sebagai perencanaan strategis karaena
mengindentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberi perusahaan posisi yang paling
menguntukan dalam lingkungannya serta menentukan strategi-strategi untuk
mencapai tujuan tersebut.
Perencanaan
strategi fungsional : ketika para eksekutif perusahaan telah sepenuhnya
berkomitmen pada perencanaan strategi mereka melihat perlunya tiap bidang
fungsional untuk mengembangkan rencana strategis sendiri. Rencana fungsional
merinci bagai mana bidang-bidang tersebut akan mendukung perusahaan ketika
perusahaan bekerja untuk mencapai tujuan strategisnya.
Perencanaan
strategi sumberdaya informasi : selama beberapa tahun ini jasa informasi
mungkin lebih banyak perhatian pada rencana starategi dari pada sebagian besar
bidang yang lain. Istilah untuk mengambarkan aktivitas ini awalnya adalah trans
formasi kumpulan strategi .istilah yang lebih baru adalah perencanaan starategi
sumber informasitelahler.
Tiap
perusahaan akan mengembangkan suatu rencana strategi sumber daya
informasi yang memenuhi kebutuhan ya sendiri. Intinya rencana itu harus di
jelaskan ;
1 Tujuan tujuan yang di capai oleh tiap sumsistem CBIS
selama periode yang tercangkup
dalam jangka waktu perencanaan
2.Sumber daya informasi yang di butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut
Pendekatan
spir ketika perusahaan menerapkan spir rencana strategi dan jasa informasi di
kerjakan bersama. Isi dari rencana strategi adalah tiap perusahaan akan mengembangkan
suatu rencana strategi sumberdaya informasi yang memenuhi kebutuhan sendiri.
User Computing
sebagai Masalah Strategi
Ø Pemakaian Akhir Tingakat Menu
Ø Pemakaian Akhir Tingakt Perintah
Ø Pemakaian Akhir Tingkat Program
Ø Persionil Pendukung Fungsional
JENIS JENIS
APLIKASI PEMAKAI AKHIR
Ø Ssistem pendukung keputusan
Ø Aplikasi kantor virtual yang
memenuhi kebutuhan perseorangan
Ø Aplikasi SIM dan SIA
Ø DSS yang rumit
Ø Aplikasi kantor yang virtual
Manfaat end
unser kompeting :
1. Menyeimbangan kemampuan dan tatangan
2. Mengurangi kesenjangan komunikasi
Resiko end
unser kompeting :
1. Sistem yang buruk sasaranya
2.
Penguna
sumberdaya informasi yang tidak efisien
3.
Hilangnya
integrasi data
4.
Hilangnya ke
amanan
5. Hilangnya pengendalian
Tulisan ini bersumber dari buku raymond
macleod jr
Tidak ada komentar:
Posting Komentar